u folo me..sure i folo u .....

Wednesday, July 8, 2009

Celoteh 4 : Sedikit Info Tentang Warna...

Induk nak cerita sikit tentang warna…ini melalui pengalaman yang induk lalui sepanjang kehidupan induk nie…masa induk kecil-kecil dulu…induk x kesah dengan apa pun warna coz sume baju dan apa saje…omak induk yang sediakan….masa remaja induk….induk dah mula pandai pilih warna….masa tu…induk suka warna merah…kebanyakkan koleksi induk ketika tu..warna merah…sampaikan abah induk cakap…sapo suko warna merah nie…orang ei!!! sombong…bongkak…suko meninggi diri….hu..hu…tapi induk ghaso …induk x lak macam tu….( sebenor ei…abah induk lomeh tengok barang2 induk maso tu sumo ei …merah!!!!he..he..)

Bilo lepas sekolah dan sambung pelajaran….induk tetibo je tukar warna kegemaran….hijau la pulakkkk…..sampai kengkawan sama kolej induk cakap….jelak aku tengok kau pakai baju hijau nie…he..he..maso tu..kalau beli apa2….nampak warna hijau je….he..he…

Bilo dah bekerja …dan sedikit matang…!!!! la ni induk dah x kesah dengan warna…apa2 warna pun boleh kerana induk bersyukur dengan ciptaan ALLAH….syukur alhamdullilah….kerana sehingga ke saat ini induk masih boleh melihat keindahan ciptaan ALLAH……pokok kek kau la induk!!!!


Tentang makna warna.

Warna sejuk:

Biru, Hijau, Ungu, Pirus dan Perak adalah warna-warna sejuk. Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya. Meskipun digunakan sendiri, warna-warna ini bisa mempunyai rasa dingin atau impersonal, oleh sebab itu memilih warna-warna sejuk, mungkin bijaksana untuk menambahkan warna dari kelompok lain untuk menghindari ini.

1. Biru : Positif (keheningan, mencintai, kesetiaan, keamanan, percaya, intelligence), Negatif (kedinginan, ketakutan, kejantanan).
2. Hijau : Positif (uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, healing), Negatif: iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan.
3. Ungu, kombinasi biru dan merah, oleh sebab itu ditemukan baik kategori-kategori hangat maupun sejuk : Positif (raja, kaum ningrat, spirituality, kemewahan, ambition), Negatif (misteri, kemasgulan).
4. Pirus : Positif (rohani, sembuh, perlindungan, sophisticated), Negatif (cemburu, kewanitaan).
5. Perak : Positif (glamor, tinggi, anggun, sleek), Negatif (pengkhayal, tidak tulus).

Warna Hangat :

Merah, merah muda, kuning, orange, warna ungu, dan emas adalah warna hangat. Warna hangat cenderung mempunyai suatu efek kegairahan bagi yang melihatnya. Bagaimanapun ketika warna ini digunakan sendiri dapat menstimulasi, membangitkan emosi kekerasan/kehebatan dan kemarahan. Ketika memilih nada hangat, menambahkan warna dari kelompok yang lain akan membantu ke arah menyeimbangkan ini.

1. Merah : Positif (cinta, energi, kuasa, kekuatan, penderitaan, panas), Negatif (kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran).
2. Merah muda : Positif (sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, suka melucu), Negatif (kelemahan, kewanitaan, ketidak dewasaan).
3. Kuning : Positif (terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, bahagia), Negatif (penakut, tidak bertanggungjawab, tidak stabil).
4. Orange : Positif (keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses), Negatif (ketidak-tahuan, melempem, keunggulan).
5. Ungu, Warna ungu ditemukan di dalam kedua-duanya warna dingin dan hangat : Positif (royalti, kebangsawanan, kerohanian, kemewahan, ambisi), Negatif (kegaiban, kemurungan).
6. Emas : Positif (kekayaan, kemakmuran, berharga, tradisional), Negatif (ketamakan, pemimpi).

Warna Nuetral :

Coklat, berwarna coklat, gading, kelabu, putih dan hitam adalah warna netral. Warna netral adalah suatu pemilihan agung untuk bergaul dengan suatu palet (lukis) hangat atau dingin. Warna-warna itu adalah yang baik untuk latar belakang dalam suatu desain, dan juga cenderung untuk berbicara lebih pelan, penggunaan dari yang lain lebih menaklukkan warna. Tambahkan hitam untuk menciptakan suatu yang lebih gelap “keteduhan” tentang suatu warna utama, sedang putih ditambahkan untuk menciptakan suatu geretan “warna”.

1. Hitam : Positif (perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas), Negatif: kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban).
2. Kelabu : Positif (keamanan, keandalan, kecerdasan/inteligen, padat, konservatif), Negatif (muram, sedih, konservatif).
3. Cokelat : Positif (ramah, bumi, keluar rumah, umur panjang, konservatif), Negatif (dogmatis, konservatif).
4. Tan ( wol halus yang masih putih) : Positif (ketergantungan, fleksibel, keriting, konservatif), Negatif (tumpul, membosankan, konservatif).
5. Gading : Positif (ketenangan, kenyamanan, kebersihan/kesucian, hangat), Negatif (lemah, tidak stabil).
6. Putih : Positif (kebaikan, keadaan tak bersalah, kemurnian, segar, ##########, bersih), Negatif (musim dingin, dingin, jauh). **

No comments: